Pendidikan Spiritual Sri Sathya Sai (Bal Vikas)

Program ini pada awalnya dibentuk di negara India pada tahun 1969, dan selanjutnya diadopsi oleh semua Organisasi (Sai) di seluruh dunia. Program ini adalah program pendidikan spiritual yang unik bagi anak-anak dalam rentang usia 5 hingga 15 tahun, yang terbagi atas empat kelompok usia yang berpartisipasi dalam program tersebut, yakni: Usia 5-6, 6-9, 10-12 dan 13-15 tahun.

Adapun tujuan utama dari SSSSE (Sri Sathya Sai Spiritual Education), sebagaimana didefinisikan oleh (Bhagawan Sri Sathya Sai) Baba adalah sebagai berikut:

  1. Untuk membesarkan generasi anak-anak yang memiliki hati nurani yang bersih dan jernih.
  2. Untuk menuntun anak-anak di jalan spiritual melalaui pola kehidupan yang sederhana dan berahlak.
  3. Untuk menanamkan ke dalam benak generasi muda tentang pentingnya Duty (Kewajiban), Devotion (rasa berbakti) dan Disiplin.
  4. Untuk membantu mereka dalam memupuk sikap Love All (Mencintai semuanya) dan Serve All (Melayani semuanya).
  5. Untuk membantu mereka tumbuh-kembang menjadi warga negara yang layak, melayani masyarakat, mampu identifikasi Keilahian yang hadir di dalam setiap orang.

Secara singkat, dapat dikatakan bahwa tujuan dari Pendidikan Balvikas ini adalah untuk membesarkan generasi penerus Idealisme Sai, sebab anak-anak ini kelak akan menjadi pemimpin Organisasi di masa depan, yang akan mampu membuat perbedaan bagi dunia ini.

Kelas-Kelas (Balvikas) diselenggarakan oleh Sri Sathya Sai Baba Center (SSG) di berbagai propinsi di Indonesia. Para guru telah dilatih untuk menyelenggarakan kelas-kelas tersebut melalui serangkaian program pelatihan yang terstruktur diberikan oleh Organisasi (Sai). Kursus-kursus penyegaran juga secara rutin diadakan bagi para guru-guru.

 

Kurikulum pengajaran meliputi rencana pengajaran yang secara khusus dirancang untuk mencakupi ketiga kelompok usia tersebut. Adapun rencana pengajarannya meliputi antara lain:

  1. Informasi tentang agama-agama utama yang ada di dunia, dengan penekanan terhadap aspek Kesatuan (Unity) dari semua agama, dan mempelajarinya serta memahami makna doa-doa.
  2. Penjelasan yang terinci tentang panca pilar (nilai-nilai kemanusiaan), yaitu: Kebenaran, Kebajikan, Kedamaian, Cinta-Kasih dan Tanpa Kekerasan berikut dengan contoh-contoh nyata dari kehidupan Bhagawan Baba serta individu-individu mulia yang telah menjalani kehidupan-Nya dengan berlandaskan pada nilai-nilai luhur tersebut.
  3. Perlindungan serta kepedulian terhadap alam serta lingkungan sekitar berikut dengan penghargaan terhadap alam ciptaan dan seluruh isinya. Kesemua aspek tersebut diajarkan melalui serangkaian metodologi pengajaran yang telah terbentuk.

Kelas-kelas (Balvikas) diselenggarakan seminggu sekali oleh (Sai) Center. Silahakn menghubungi Sri Sathya Sai Baba Center (SSG) di dekat anda, untuk mendaftarkan anak-anak anda dalam program tersebut.

 

More Videos & Audios:

 

Video Tum Dhadkan Hum Dil

Audio Tum Dhahkan Hum Dil