Sungguh penting bahwa seri artikel pertama yang Beliau tulis untuk Sanātana Sarathi adalah Prema Vāhinī. Kumpulan wacana tersebut disusun dalam buku ini sesuai dengan penyajiannya setelah diterjemahkan (dari bahasa Telugu) ke dalam bahasa Inggris. Kebenaran ‘satya’, perbuatan yang benar secara moral ‘dharma’, kedamaian ‘śānti’, dan kasih ‘prema’ adalah empat sokoguru yang menyangga dunia baru pada zaman Sai ini.

Kedamaian mengangkat hidup rohani kita, menganugerahkan kebijaksanaan, dan kebijaksanaan secara wajar mendatangkan kebahagiaan. Meskipun demikian hanya ada satu cara untuk mencapai kedamaian sejati, dengan mengendalikan indera. Hanya setelah itu kedamaian dapat disebut prasanti.

 

Buku kecil ini berisi kumpulan artikel seri Dharma Vahini yang ditulis oleh Bhagavan Sri Sathya Sai Baba untuk Sanathana Sarathi, yaitu majalah bulanan yang diterbitkan di Prasanthi Nilayam. Uraian dalam edisi ini disajikan dalam bahasa Inggris, tetapi kiranya pembaca perlu mengetahui bahwa uraian dalam bahasa aslinya, yaitu Telugu, lebih sederhana dan lebih indah. 

Mantra Gayatri adalah doa yang dapat diucapkan dengan penuh kerinduan oleh pria dan wanita dari segala agama bangsa sepanjang masa. Pengulangan-pengulanagn mantra ini akan mengembangkan (kemampuan) akal budi. Buku ini berisi pertanyaan dan jawaban mengenai Gayatri Mantra yang diuraikan oleh Bhagawan Sri Sathya Sai Baba

Masa muda adalah masa ketika buah sedang ranum-ranumnya. Buah hatimu (hrudaya phala), dan buah pikiranmu (mano phala) harus dipersembahkan kepada Tuhan. Sulit sekali memikirkan Tuhan ketika sudah uzur, masa ketika kehilangan kontrol atas inderamu. Mulailah lebih awal, berkendaraanlah dengan pelan, capai tujuan dengan selamat.

Buku ini merupakan penghargaan atas cinta Bhagawan bagi pemuja-Nya. Berkali-kali, Dia telah meyakinkan kita tentang kehadiran-Nya yang konstan di sisi kita. Kata-katanya memberikan pertolongan yang manis bagi hati yang kesepian atau tertekan yang ingin merasakan-Nya setiap menit. “Swami selalu bersama kita, di dalam kita, di sekitar kita.” Kata-katanya menawarkan harapan, penghiburan, dan kenyamanan pada saat dibutuhkan. Mengapa kita harus takut? Dia selalu bersama kita. Itulah yang digemakan oleh setiap kata dalam buku ini. Agar layak mendapatkan Dia, kita hanya perlu membutuhkan Dia. Dengarkan Bhagawan saat Dia berbicara tentang hubungan yang indah ini. Ini adalah kata-kata, yang khusus untuk Anda.

Chinna Katha adalah sebuah alat yang efektif dalam proses pendidikan Bhagawan. Bila Beliau berkhotbah, perumpamaan dan kisah-kisah ini selalu siap digunakan, bergumpal berkelompok dalam cakrawala kasih sayang-Nya. Sebagian Beliau biarkan terbang melayang ke dalam hati kita dan bercengkerama di sana sehingga dapat kita timang-timang dan pelihara menjadi pola pikiran dan tingkah laku. Inilah sebuah karangan bunga yang menarik, harus dengan katha ('kisah') yang berwarna-warni, untuk kepuasan batin, meditasi dan inspirasi kita.