Penjelasan Gayatri Oleh Bhagawan

"Mantra Gayatri adalah jalan raya menuju Tuhan. Tidak ada penentuan waktu dan peraturan dalam melantunkan mantra Gayatri. Namun demikian, Brahmacari (para pencari pengetahuan) akan melantunkan mantra Gayatri pada waktu pagi hari dan malam hari (waktu senja) untuk bisa mendapatkan manfaat yang terbaik. Bagaimanapun juga karena Tuhan adalah melampaui waktu dan ruang, kapanpun juga dan dimanapun juga adalah boleh untuk mengulang-ulang nama Tuhan. Dalam Bhagavata disebutkan: "Sarvadaa, sarvatra, sarva kaleshu Hari chintanam – Selalulah memusatkan pikiran kepada Tuhan di semua tempat dan sepanjang waktu." Engkau harus belajar memikirkan Tuhan dalam apapun yang engkau lihat, apapun yang engkau kerjakan dan apapun yang engkau sentuh. Engkau harus menyadari bahwa engkau sedang memainkan peran sementara di panggung kosmik. Engkau harus kembali ke diri illahimu yang sejati ketika permainan telah usai. Dengan secara teratur melantunkan mantra Gayatri, engkau harus memurnikan hidupmu dan menjadi teladan bagi dunia dengan hidup yang benar.  Inilah berkat-Ku padamu. "

(Divine Discourse, Mar 17, 1983)

"Gayatri mantra menyebutkan: Bhur Bhuvaha Suvah - Bhuloka, Bhuvarloka, dan Suvarloka (dunia manusia, dunia bawah, dan sorga). Adalah salah untuk memahami tiga bagian ini dengan salah satu berada di atas yang lainnya. Bahkan tiga loka (dunia) saling terkait satu sama lain dan satu ada dalam yang lainnya. Arti sebenarnya dari jenis konfigurasi geometris dari tiga loka adalah bahwa panca indera, panca bhuta, dan panca kosha (panca indera, lima elemen, dan lima lapisan) yang merupakan badan adalah Bhuloka; aspek prana shakti atau manas thathvam (prinsip pikiran) adalah Bhuvarloka; dan keadaan mikroskopis Anandam (Malcolm) merupakan Suvarloka. Jadi dapat dikatakan bahwa tiga dunia tidak lain adalah thathwa deha, manas thathwa, dan ananda thathwa (sifat penting dari badan, pikiran, dan kebahagiaan) dan totalitas ketiganya merupakan thathwa Trivikrama (sifat Wisnu memperluas ke tiga dunia )."

(Divine Discourse, Sep 4, 1979)