Tentu banyak dari kita yang menyadari betapa penting dan berharganya kesehatan. Ada yang berusaha menjaga kesehatannya dengan mengatur pola makan, menjaga kebersihan lingkungan, dan lain sebagainya. Sementara disisi lain, masih banyak saudara kita yang tidak mampu merasakan air bersih, bahkan kesulitan menemukan pelayanan kesehatan. Inilah yang menjadi problematika dalam bidang kesehatan  yang masih terjadi hingga saat ini. Menyadari hal tersebut, SSG Jakarta pun bergerak cepat menyusun rencana demi rencana agar dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan. Lebih dari 1 dekade yang lalu, hal mulia ini mulai direncanakan. 

Tentu tidak terlepas dari berkat Bhagavan, sekitar 8 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2012 Mobil Klinik Sathya Sai sudah mulai beroperasi menyusuri daerah-daerah terpencil di Jakarta yang sangat sulit mendapatkan pelayanan kesehatan. Selama tahun 2012, lebih dari 11.130 orang telah mendapatkan bantuan pelayanan kesehatan. Mobil Klinik tersebut beroperasi mulai pukul 08.00-14.00 selama lima hingga enam hari dalam seminggu.

Berbekal rasa bakti dan keyakinan yang kuat akan kasih Bhagavan, sebanyak 38 personil medis (dokter dan perawat) melayani saudara kita dengan sepenuh hati. 

Tentu Mobil Klinik ini tidak hanya menempuh puluhan kilometer guna menjamah daerah terpencil saja, melainkan pada situasi-situasi dimana kepedulian juga dibutuhkan. Seperti banjir yang kerap melanda Jakarta, banyak aktivitas yang lumpuh hingga langkanya pelayanan kesehatan. Di situasi seperi ini lah Mobil Klinik SSG Jakarta hadir tidak semata-mata membantu pemerintah, melainkan menyadari pentingnya sikap tolong menolong terhadap sesama.

Hingga saat ini, Mobil Klinik Sathya Sai masih terus beroperasi untuk membantu sesama. Semoga hal ini dapat menjadi inspirasi bagi para pembaca untuk selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat. Semoga pelayanan mulia ini pun dapat selalu berjalan dengan baik sebagaimana mestinya. Tentu Bhagavan akan selalu memberkati kita semua, terlebih bagi para bhakta yang tidak hentinya mengamalkan ajaran-ajaran kasih dari Bhagavan. Jai Sairam


8 AGUSTUS 2011: Proses awal menyeleksi "Bus"

10 OKTOBER 2011: Menyelesaikan rancangan & kontrak penjualan.
MARET 2012: Merancang & menyelesaikan interior.
28 MARET 2012:  Doa sebelum diluncurkan.
1 APRIL 2012:  Seva pertama kali, Mobil Klinik.

TOTAL SEVA (2012): Lebih dari 140 Seva -  lebih dari 11.130 telah mendapatkan pelayanan.


Dan bagaimana Swami menggunakan instrumen-NYA?

Seva pertama kami ... "Kuil Sikh" (berdekatan dengan Sai Center kami) ... Ada sesuatu dalam tampilan Mobil Klinik yang mengilhami semua orang ... inspirasi menyebabkan adanya  permintaan & sekarang kita melakukan Medical Seva mingguan di sana ...

Seva kedua kami ... "Dadap" - daerah yang akrab bagi kami karena kami melakukan "Sociocare Narayana seva" ... daerah yang begitu luas sehingga dibagi menjadi 32 wilayah dan disana tinggal lebih dari 1.188 keluarga ... Fasilitas medis di daerah ini terabaikan ... bahkan air minum-pun tidak cukup memenuhi kebutuhan mereka... dan sekarang  kami melakukan seva secara teratur di daerah "Dadap"...

Bantuan Darurat (Bantuan Banjir 2013 - Jakarta) ... Kombinasi "Sociocare" & "Medicare" ... 16 Januari 2013 dan seterusnya ... Beberapa wilayah DKI Jakarta hancur ... Makanan &  kebutuhan umum adalah penting bagi mereka, tetapi penekanan yang kuat tentang kebersihan menjadi  bagian penting dari "Wing Seva"  kami... Bantuan medis harus segera diberikan pada waktu yang tepat sebelum semua jenis penyakit merajalela ... Empat seva yang telah dilakukan telah melayani 1.050 orang lebih.

Apa yang ada pada nama suatu daerah ... daftar bisa saja terus bertambah ... dan jumlahnya hanya sebagai referensi ... Hal utama dan keuntungan utama dari "Mobil Klinik Sathya Sai" kami adalah ... Kami tidak pernah harus mempersiapkan diri kami sepanjang kami secara terus-menerus tetap siap beroperasi, tanpanya seva tidak bisa berjalan lancar ... Berada di tempat yang tepat dan pada waktu yang tepat tanpa harus memikirkan situasi tertentu seperti apa yang harus dilakukan dan bagaimana hal itu harus dilakukan ... Tidak ada ruang untuk melakukan penundaan atau menunggu sampai besok di bidang medis ... Tindakan harus segera dilakukan & Waktu selalu penting ....

Pengikut Swami di "Kategori Medis" yang aktif bertugas adalah "38 orang personil medis " (Dokter & Perawat).  Sejak dimulainya program ini, "Mobil Klinik Sathya Sai" beroperasi 5 - 6 hari seminggu (antara pukul 8:00 pagi - 2:00 siang)  ... Daerah sebagaimana mestinya diatur dan setiap daerah di alokasikan pada hari tertentu dalam seminggu … dan mendelegasikan ke Wing khusus Sai Center...

 

Foto Galeri Peresmian Mobil Klinik SSG Jakarta