Brahmārpañam : Doa Makan Yang Penting
Semua makanan berasal dari Tuhan. Karena makanan datang dari Tuhan (Brahman), makanan harus dipersembahkan kepada Tuhan dan baru kemudian dimakan. Maka makanan menjadi makanan yang Satwik. Ada berbagai hal yang tidak murni yang terdapat pada biji-bijian dan sayuran yang engkau beli, ini masuk ke dalam dirimu. Untuk menghilangkan berbagai jenis kerusakan yang berhubungan dengan makanan, persembahkanlah makanan tersebut kepada Tuhan dan kemudian mengambil bagian dari itu sebagai Prasadam. Ketika makanan dipersembahkan kepada Tuhan (Naivedyam), tidak akan ada lagi cacat di dalamnya.
(Divine Discourse, “My Dear Students”, Vol 2, Chapter 2)
Brahmārpañam Brahma Havir Brahmāgnau Brahmañāhutaṃ,
Brahmaiva Tena Gantavyam Brahmakarmā Samādhinah.
Tindakan persembahan adalah Tuhan. Persembahan khusus adalah Tuhan. Demi Tuhan itu dipersembahkan ke dalam Api Tuhan. Tuhan adalah apa yang harus dicapai oleh dia yang melakukan tindakan yang berkaitan dengan Tuhan.
Terjemahan kata
brahmā: roh tertinggi; arpañam: persembahan khusus, havih: mentega, agnau: dalam api penyempurnaan. brahmana: oleh roh roh. aahutam: ditawarkan. brahma: kerajaan spiritual: eva: tentu saja. tena: olehnya. gantavyam: harus dicapai. brahma: spiritual. karma: dalam aktivitas. samadhina: dengan penyerapan penuh.
Aham Vaishvānaro Bhutvā Prāñinām Ḍehamāshritaha,
Prāñāpāna Samāyuktah Pachāmyannam Chaturvidham.
Menjadi api kehidupan dalam tubuh makhluk hidup, berbaur dengan nafas yang halus, saya mencerna empat jenis makanan.
Terjemahan kata
aham: Aku. vaisvanarah: Bagian paripurna saya sebagai api yang mencerna. bhutva: menjadi. praninam: dari semua makhluk hidup. deham: di dalam tubuh. asritah: terletak. prana: udara keluar. apana: udara yang turun. samayuktah: menjaga keseimbangan. pachami: Saya mencerna. Annam:. bahan makanan. catuh-vidham: empat jenis.
Dua ayat tersebut berasal dari Bhagavad Gita, Bab IV, Ayat 24 dan Bhagavad Gita, Bab XV, Ayat 14.
Penjelasan Swami tentang Doa ini
Kita harus mengambil makanan dengan pikiran sathwic (murni, tenteram). Nenek moyang kita menganjurkan untuk mempersembahan makanan kepada Tuhan terlebih dahulu sebelum kita mengambil bagian. Makanan yang diambil menjadi prasad (persembahan yang disucikan). Doa membersihkan makanan dari tiga kotoran yang disebabkan oleh tidak adanya kebersihan tempat, kebersihan bahan makanan, dan kebersihan dalam proses memasak. Adalah perlu untuk menyingkirkan ketiga kotoran ini untuk memurnikan makanan, karena makanan murni masuk ke dalam pembuatan pikiran yang murni. Tidak mungkin memastikan kemurnian proses memasak karena kita tidak tahu pikiran apa yang mengamuk di benak orang yang menyiapkan makanan. Demikian pula, kita tidak dapat memastikan kebersihan bahan makanan karena kita tidak tahu apakah itu diperoleh dengan cara yang benar oleh orang yang menjualnya kepada kita. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mempersembahkan makanan kepada Tuhan dalam bentuk doa agar ketiga ketidakmurnian ini tidak merasuki pikiran kita.
Mantram:
Brahmārpañam Brahma Havir Brahmāgnau Brahmañāhutaṃ,
Brahmaiva Tena Gantavyam Brahmakarmā Samādhinah
Aham Vaishvānaro Bhutvā Prāñinām Ḍehamāshritaha,
Prāñāpāna Samāyuktah Pachāmyannam Chaturvidham
Harir Dātā Harir Bhoktā Harir Annam Prajāpatih
Harir Vipra Sharīrāstu Bhūnkte Bhojayate Harih
Makanan yang dipersembahkan kepada Tuhan dicerna oleh 'Vaishwanara "dalam sistem pencernaan. Karena Tuhan ada dalam bentuk api seperti Vaishwanara, Dia mencerna makanan bersama dengan kotoran. Jadi, manusia tidak akan terpengaruh bahkan jika kotoran memasuki makanan.
Summer Showers in Brindavan, 1993
Potensi Mantra Brahmaarpanam
"Ketika saya berada di Brindavan pada bulan Mei tahun ini, saya memiliki kesempatan untuk menghadiri pembicaraan pagi di Sai Krishan Kalyana Mandap. Pada suatu hari, Paman Prahlad Rao memberikan ceramah dan dia membahas potensi mantra makanan yang dinyatakan di bawah ini.
Sekitar tahun 70-an, Swami telah meminta semua mahasiswa kampus Brindavan untuk bergabung dengan-Nya makan siang. Pada waktu itu, hanya sekitar 100 anak laki-laki yang ada di sana. Fotografer Kirlian, Dr. Baranowski juga ada di sana dan diundang untuk makan siang. Makanan mewah diletakkan di atas piring di depan anak-anak. Anak-anak sedang menunggu Swami datang dan bergabung dengan mereka. Baranowski kemudian menggunakan kamera Kirliannya dan mengambil foto makanan yang diletakkan di atas piring.awalnya tidak ada aura di sekitar piring makanan.
Kemudian, Swami tiba dan bergabung dengan anak-anak lelaki itu untuk makan siang. Anak-anak membaca mantra Brahmaarpanam sebelum mengambil makanan. Setelah mantra dibacakan, Dr. Baranowski kembali mengambil gambar makanan. Kali ini, aura biru nampak di sekitar piring makanan. Dia bersemangat, tetapi dia memiliki pikiran ilmiah, lalu bertanya kepada Swami mengapa ada aura biru di sekitar makanan. Swami mengatakan bahwa mantra Brahmaarpanam adalah mantra yang sangat kuat dan bahwa setelah pembacaan, makanan tersebut diubah menjadi prasadam, karena itu telah dipersembahkan kepada Tuhan. Lebih lanjut memurnikan makanan dan semua barang di sekitarnya. Itulah sebabnya aura biru ditemukan di sekitar piring makanan setelah mantra dibacakan.
Mantra dan maknanya dijelaskan di bawah ini.
Brahmārpañam Brahma Havir Brahmāgnau Brahmañāhutaṃ,
Brahmaiva Tena Gantavyam Brahmakarmā Samādhinah
Seluruh ciptaan menjadi proyeksi Brahman, Kesadaran Kosmis itu sendiri; makanannya juga adalah Brahman, proses persembahannya adalah Brahman; itu ditawarkan dalam api Brahman. Dia yang dengan demikian melihat bahwa Brahman adalah tindakan mencapai Brahman saja.
Aham Vaishvānaro Bhutvā Prāñinām Ḍehamāshritaha,
Prāñāpāna Samāyuktah Pachāmyannam Chaturvidham
Aku, Roh Tertinggi, yang tinggal di tubuh makhluk hidup sebagai Api (Vaiswanara) di perut mereka, aku berhubungan dengan Praana dan Apaana mereka, mencerna empat jenis makanan (makanan padat, cairan, semi-cair dan cair) yang mereka makan.
Doa Harian untuk Bhagwan, disusun oleh Smt. Kausalya Rani Raghwan